Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat, Jangan Sampai Terlewatkan !!
Posted on: September 14, 2017, by : 4dmin_AL HIJAZ

Hari Jum’at merupakan hari yang penuh kemulyaan dan keberkahan, dan juga merupakan Hari Besar bagi Umat Islam sedunia. Keberkahan ini dapat kita rasakan dengan adanya Waktu Mustajab berdoa di hari Jumat tersebut, jangan sampai terlewatkan, karena kita akan sangat rugi jika kita sudah mengetahui waktu yang mustajab berdoa di hari jumat, berdoalah yang  baik doa untuk suami, doa untuk istri, doa untuk anak-anak, doa untuk keluarga serta doa untuk orang tua.

Doa-di-Hari-Jumat-300x168 Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat, Jangan Sampai Terlewatkan !!
Sebaik-baik hari bagi umat Islam dalam sepekan adalah hari Jumat adalah hari Pemimpin hari yang paling agung dan paling utama di sisi Allah Ta’ala. Banyak ibadah yang dikhususkan pada hari itu, misalnya membaca surat As-Sajdah dan Al-Insan pada shalat Subuh, membaca surat Al-Kahfi, shalat Jum’at berikut amalan-amalan yang menyertainya, dan amal ibadah lain yang sangat dianjurkan sekali pada hari Jum’at.

Di dalamnya juga terdapat satu waktu di mana doa begitu mustajab, dijanjikan akan dikabulkan. Tidaklah seorang hamba yang beriman memanjatkan do’a kepada Rabbnya pada waktu itu kecuali  Allah akan mengabulkannya selama tidak berisi pemutusan silaturahmi dan tidak meminta yang haram. Karenanya seorang muslim selayaknya memperhatikan dan memanfaatkan waktu yang berbarakah ini.
Dari Abu Hurairah ra, Bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari Jum’at, lantas beliau bersabda,

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari Muslim)

Kapan Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat yang dimaksud?

Para ulama menyebutkan beberapa pendapat dalam masalah ini yaitu tentang kapan waktu yang dimaksud. Ada riwayat dari Imam Muslim, yaitu hadits Abu Musa radhiyallahu ‘anhu yang menyebutkan waktu yang dimaksud :

1.Diantara duduknya imam sampai selesai Shalat Jumat

Ini sesuai dengan hadits dari Shahabat Abu Musa Al-Asy’ari-radhiyallah ‘anhu- berkata:

هِىَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

Aku mendengar Rasulullah-Shallallahu’ alaihi wasallam bersabda tentang waktu mustajab doa di hari Jumat: “Waktunya adalah antara duduknya Imam ketika khutbah hingga selesai ditegakkannya shalat” (HR. Imam Muslim).

2. Setelah Shalat Ashar

Ada hadits lain yang secara sanad shahih menyebutkan tentang kapan waktu mustajab di hari Jum’at yang dimaksud. Hadits tersebut adalah hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

 يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ ». يُرِيدُ سَاعَةً « لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

“Waktu siang di hari Jum’at ada 12 jam. Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i)

Agar mendapatkan Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat, Beberapa Ulama dan Ustadz menyarankan tiga cara, yaitu:

  • Menetap/I’tikaf di masjid mulai ba’da Ashar hingga masuknya waktu shalat Maghrib sambil banyak berdoa.
  • Datang ke masjid menjelang shalat Maghrib. Kemudian melakukan Shalat tahiyyatul masjid dan memperbanyak doa hingga waktu shalat Maghrib tiba.
  • Memperbanyak doa di akhir sore Jumat, baik di rumah atau di tempat yang lain.
  • Memperbanyak Membaca Al-Qur’an, karena di dalam Bacaan Al-quran terdapat banyak doa

“Kita ketahui bersama, orang yang berdoa tidak akan pernah merugi. Karena doa itu adalah ibadah“, katanya.
Doa merupakan amalan yang menghubungkan antara hamba dan Rabbnya. Maka perbanyaklah doa di waktu Jum’at untuk kebaikan diri sendiri, keluarga, kerabat, tetangga, guru-guru agama anda dan seluruh kaum muslimin.
“Mintalah kepada Allah, istri yang shalehah, suami yang shaleh, anak keturunan yang menjadi penyejuk mata”, Nah, jangan dilewatkan yaaa…
Jadi, yang mestinya dilakukan adalah hendaknya setiap muslim memperbanyak do’a di sepanjang hari Jum’at untuk mendapatkan keutamaan terkabulnya  do’a, tidak dikhususkan pada waktu tertentu mengingat alasan yang telah diulas di atas. Moga Allah perkenankan setiap do’a-do’a kita. dan yang lebih berkesan lagi yaitu berdoa di Depan Ka’bah pas hari Jumat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *